fbpx

Tips Mengikuti Veganuary

Kalian merencanakan untuk mengikuti “31 Day Vegan Challenge”? Tenang saja, kalian tidak sendirian! Bulan Januari merupakan bulan yang baik untuk mengawali perjalanan kalian untuk mencoba mengonsumsi makanan-makanan vegan. Pada bulan Januari, ada sebuah gerakan yang disebut dengan Veganuary. Veganuary ini adalah gerakan yang dibuat untuk memotivasi orang-orang seperti kita yang memandang rendah makanan vegan. Tujuannya adalah untuk membuat kita mengonsumsi makanan vegan tanpa komitmen yang terlalu besar. Hanya satu bulan tanpa makan makanan yang berasal dari hewani tidak menjadi masalah besar bukan?

Tentu, hal ini akan merepotkan apabila kita tidak tahu harus mulai dari mana. Bagaimana cara mengolahnya, apa saja yang boleh dikonsumsi dan tidak, apa kita tetap perlu vitamin? Pertanyaan-pertanyaan tersebut lah yang membuat sebagian orang untuk malas mengikuti kampanye ini. Tetapi tenang saja, Meatless Kingdom hadir untuk membantu kalian mengikuti kampanye ini.

Cari Restoran Vegan

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah untuk mencari restoran atau toko yang menjual dan menyediakan makanan vegan. Banyak sekali ilmu dan wawasan baru yang dapat diperoleh saat berkunjung ke restoran vegan. Kalian bisa mendapatkan inspirasi untuk menu makanan kalian, mencoba makanan berbasis nabati (plant based) yang tak kalah enak dari makanan hewani, serta bisa bertanya tips-tips kepada pengunjung atau staff disana.

Explore Susu Nabati

Wahai para pencinta kopi terutama kopi susu, latte, affogato dan lain-lain terutama yang menggunakan susu. Saatnya kalian mencoba mencari alternatif susu yang terbuat dari bahan nabati. Terdapat banyak sekali susu yang terbuat dari almond, oat, macademia, soya, dan lain-lain serta sudah diappove oleh barista untuk membuat kopi kesayangan kalian. Memang harganya sedikit lebih mahal, tetapi rasa yang dihasilkan tidak kalah enak, malah lebih enak dibandingkan kopi susu pada umumnya.

Jadilah Kreatif di Dapur

Saatnya mengikuti tantangan seperti Veganuary, kita dituntut untuk me

njadi lebih kreatif di dapur. Bahan masakan seperti telur, susu, daging hewani tidak bisa digunakan. Sehingga kita harus bereksperimen mencari bahan apa yang sekiranya bisa digunakan dan menghasilkan masakan enak. Seperti contoh tahu, tempe, daging nabati, rendang nabati, gepuk nabati, dan lain-lain. Dari situlah kita secara tidak langsung akan mengembangkan elemen tekstur dan rasa yang kita tidak pernah coba sebelumnya. Saatnya mengeluarkan jiwa-jiwa Masterchef dalam diri kalian!

Minta Bantuan!

Jika kalian merasa kesusahan, mintalah bantuan pada orang di internet. Mereka akan dengan senang hati membantu dan memberikan inspirasi supaya kalian tidak kesulitan saat menjalankan kampanye ini. Kalian bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter dan lainnya untuk mencari bantuan. Tidak usah segan karena itu hanya akan menyulitkan kalian dalam menjalani kampanye ini. Selain itu, banyak website-website yang menyediakan file berbentuk pdf yang dapat menjadi panduan bagi kalian mengikuti kampanye ini. Contohnya ada pada link ini.

Jalani Dengan Penuh Semangat

Seperti biasa, kampanye ini harus dijalani dengan penuh semangat dan senyuman. Jangan menganggap kampanye ini seperti paksaan dan beban. Pada awalnya kalian mengikuti kampanye ini karena kemauan sendiri. Jadikan kampanye ini sebagai tantangan untuk mendorong diri kalian menjadi orang yang lebih baik. Untuk lebih memotivasi diri, berikanlah reward setelah kampanye berakhir. Reward tersebut menunjukan bahwa kalian berhasil melewati tantangan dan berhak memperoleh hadiah.

Apa Yang Kelupaan?

Jadi, inilah tips yang bisa diberikan untuk menjalani Veganuary. Apa yang kelewat? Tantangan apa yang menanti? Atau pertanyaan apa yang masih ada di benak kalian? Tulis komentar kalian dan aku akan dengan senang hati menjawabnya.

Sumber: vegconomist.com
Image by:istockphoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *