Seaspiracy: Dokumenter Netflix yang Bikin Banyak Orang Mencoba Vegan Lifestyle

Seaspiracy

Halo Healthy Bestie, kali ini kita bakal ngomongin film, nih! Tapi, kali ini film yang kita bahas adalah film dokumenter. Film ini berjudul Seaspiracy, yang merupakan penggabungan dari Sea dan Conspiracy. Gimana, berat gak? Yuk kita bahas filmnya, tapi tetep no spoiler, yah!

Tentang Seaspiracy

Film dokumenter yang tayang sejak tahun 2021 ini disutradarai dan sekaligus menjadi protagonis dalam film ini oleh Ali Tibrizi, seorang pembuat film dari Inggris. Secara umum, Seaspiracy mengangkat isu tentang laut dan bagaimana pihak-pihak dapat merusak laut. Film ini berdurasi 1 jam 30 menit dengan menyuguhkan mata dengan kehidupan laut.

Isu apa yang diangkat?

Film ini mengangkat isu tentang bagaimana penangkapan ikan komersial seperti nelayan adalah penyebab utama dari kerusakan lingkungan lautan. Mereka ini juga menunjukkan bagaimana limbah plastik, penggunaan jaring hantu, dan penangkapan ikan secara berlebihan adalah satu contoh dari pengrusakkan yang terjadi di lautan.

Film ini juga menolak konsep penangkapan ikan berkelanjutan dan mengkritik beberapa organisasi konservasi laut, seperti Earth Island Institute dan sertifikasi makanan laut berkelanjutan dari Marine Stewardship Council. Di lain sisi, mereka juga mengkritik upaya organisasi untuk mengurangi plastik rumah tangga, membandingkan dampaknya dengan jaring hantu.

Dalam film, mereka juga beropini organisasi ini menutup-nutupi dampak lingkungan dari penangkapan ikan dan mengangkat isu korupsi di industri perikanan.

Film ini memulai debutnya di Netflix pada Maret 2021 dan langsung menarik perhatian di berbagai wilayah di dunia. Film ini mendapat kritik yang beragam; kritikus memujinya karena menarik perhatian pada pokok bahasannya, tetapi dituduh tidak akurat secara ilmiah dan dikritik habis-habisan oleh pakar kelautan tertentu.

Organisasi dan individu yang diwawancarai atau direpresentasikan secara negatif dalam film tersebut menentang pernyataannya dan menuduh film tersebut salah mengartikannya. Organisasi lingkungan lainnya, akademisi, dan kelompok industri makanan laut juga menanggapi Seaspiracy, dan berbagai situs media memeriksa fakta dugaan tertentu dalam video tersebut.

Gimana kamu jadi penasaran gak gimana full isi dari film dokumenter ini? Kalau kamu penasaran jangan lupa tonton dan pastikan kamu nonton sambil makan produk dari Meatless Kingdom, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *