fbpx

Saudara Kembar Pola Makan Vegan vs Daging, Siapa Pemenangnya?

Hai Healthy Bestie! Ada kisah menarik tentang dua saudara kembar, Hugo dan Ross Turner. Mereka menjadi pasien percobaan dalam sebuah studi tentang pola makan vegan vs daging. Dilansir dari IFL Science, peneliti dari Departemen Riset Kembar & Epidemiologi Genetik King’s College, London, ingin menyelidiki apakah pola makan vegan lebih sehat daripada makan daging dan produk susu.

Dalam proyek yang berlangsung selama 12 minggu ini, Hugo memilih untuk mengikuti pola makan vegan. Sementara Ross tetap makan daging dan produk susu. Pemimpin penelitian, Profesor Tim Spector, berharap bahwa studi ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kembar genetik merespon berbagai jenis makanan.

Bagaimana hasilnya?

Hasil penelitian menunjukkan fenomena menarik. Hugo, yang mengadopsi pola makan vegan, mengalami penurunan kolesterol yang signifikan dibandingkan dengan Ross. Meskipun awalnya Hugo merasa sulit beradaptasi dengan pola makan vegan, dia akhirnya terbiasa. Dia bahkan mengaku merasa lebih energik.

Temuan ini menunjukkan bahwa respon tiap individu terhadap makanan sangatlah berbeda. Bahkan jika mereka adalah saudara kembar identik. Secara teori, pola makan vegan akan menyebabkan gula darah dan energi tubuh lebih stabil, serta mengurangi keragaman bakteri usus. Sementara itu, pemakan daging menghasilkan lebih banyak energi dan memiliki keragaman bakteri usus yang lebih tinggi.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa pengaruh mikrobioma usus dapat memengaruhi respon tubuh terhadap makanan. Selain itu, gula darah, peningkatan berat badan, dan kadar lemak juga ikut terpengaruh. Meskipun Hugo dan Ross adalah saudara kembar genetik, penelitian ini menemukan bahwa mereka hanya berbagi sekitar 25 hingga 30 persen mikroba usus mereka satu sama lain.

Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa mereka memiliki efek tubuh yang berbeda ketika menjalankan pola hidup yang berbeda. Pola makan dan mikrobioma usus yang unik untuk setiap individu dapat mempengaruhi metabolisme dan respons terhadap makanan.

Sebagai Healthy Bestie yang peduli dengan kesehatan dan lingkungan, kamu bisa mencoba alternatif makanan yang lezat dan ramah lingkungan seperti produk plant-based rendang, gepuk, dan dendeng dari Meatless Kingdom. Jadi, gimana kamu mau coba pola makan vegan vs daging sama temanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *