Ketenaran Makanan Vegan Saat Imlek

Gong Xi Fa Cai. Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Tahun Baru Cina. Tentu saja waktu ini digunakan untuk perayaan keluarga dan juga makan! Banyak sekali hidangan khas Cina yang dihidangakan seperti siomay, pangsit, wonton, bakso dan lainnya. Tetapi, bagaimana kalau kalian vegetarian, vegan atau mungkin anggota keluarga kalian merupakan penganut aliran Mahayana dan Maitreya.

Eits, tentang saja. Kalian tidak usah takut karena kita siap memandu kalian. Di panduan yang singkat ini, akan kita hadirkan beberapa resep hidangan Tahun Baru Imlek versi vegetarian yang sehat, lezat, dan tidak kalah enak dari hidangan Imlek berbasis daging hewani.

Jadi, beranikah kalian mencoba sesuatu yang baru atau menikmati pesta meriah tanpa daging?

Pangsit Sayur

Imlek tidak akan lengkap kalau tidak ada pangsit. Daripada menggunakan daging sebagai isian, kenapa tidak mencoba jamur saja? Proses pembuatannya juga masih sama. Pertama kalian siapkan kulit pangsit yang bisa kalian buat dari awal atau beli yang siap gunakan di supermarket. Untuk isiannya, di panic besar, tambahkan minyak pada api sedang dan goreng jahe yang telah dipotong  selama 30 detik hingga harum. Tambahkan bawang dan goreng hingga terkaramelisasi dengan sempurna.

Setelah itu, tambahkan jamur shiitake dan masak hingga seluruh air yang terdapat pada jamur menguap seluruhnya. Ini merupakan proses yang krusial dikarenakan 90% bahan organic penyusun jamur adalah air. Sehingga saat airnya dihilangkan akan menghasilkan tekstur renyah dan rasa yang unik.  Ada perbedaan rasa yang signifikan antara jamur yang direbus dan yang di sautee. Saat air dari jamur telah menghilang, tambahkan kol dan wortel dan masak selama 2 menit Setelah matang, sisihkan ke mangkok besar dan dinginkan.

Kalian pasti bertanya, kok tidak ada bumbu? Eits, tenang saja. Sembari menunggu dingin, tambahkan  Chinese chives, lada putih, minyak wijen, kecap asin, dan gula. Serta tambahkan garam secukupnya sembari diicip apakah sudah pas atau belum. Jika sudah pas, aduk sehingga bumbu tercampur rata.

Untuk menyatukannya, taruh isian di tengah kulit pangsit dan segel bagian ujungnya sehingga tidak ada isian yang keluar. Bentuk pangsitnya terserah kalian saja, mau yang unik maupun sederhana itu tergantung pada kemampuan kalian. Setelah itu, kukus pangsit selama 15-20 menit dan sajikan dengan minyak cabai. Rasanya akan membuat keluarga kalian ketagihan!

Shumai atau Siomay

Siomay biasanya terbuat dari ikan, tetapi yang ini terbuat dari brokoli dan zucchini yang diberikan saus bawang putih. Hmm, apakah kalah enak? Tentu tidak. Selain itu, cara membuatnya lebih mudah dan tidak mengakibatkan dapur kalian bau amis. Untuk kulitnya, kalian bisa beli yang sudah jadi di supermarket atau buat sendiri dari awal. Untuk isiannya, panaskan minyak sayur atau canola di api sedang lalu masukan bawang putih dan bubuk cabai merah. Oseng hingga harum selama beberapa saat.

Kemudian masukan brokoli dan zucchini ke panci yang sama lalu keluarkanlah jiwa Gordon Ramsay kalian. Toss in motion hingga merata dan air dalam sayuran telah sepenuhnya menguap. Masak sekitar 3-5 menit. Sembari memasak, jangan lupa masukan saus hoisin, garam, minyak wijen, merica, dan gula dan masak kembali selama 4 menit. Jangan lupa untuk mencicip supaya rasanya sesuai dengan ekspektasi kalian.

Sama seperti membuat pangsit, taruh isian siomay dibagian tengah dan segel ujung-ujungnya supaya tidak meluber. Kukus selama 7-10 menit dan sajikan dengan saus cocol yang dapat berupa hoisin, minyak cabai, kecap asin, cuka beras atau gabungkan sesuai dengan selera kalian.

Buddha’s Delight

Untuk makanan berat, kalian bisa mencoba membuat Buddha’s Delight. Apa itu? Ini merupakan rebusan sayur yang anti-mainstream yang menonjolkan sayuran yang beragam warnanya, mie vermicelli yang lembut dan tahu goreng yang dibalut dalam saus yang sangat earthy. Jika ingin membaut keluarga terkagum-kagum dan pulang ke rumah dengan penuh senyuman. Maka kalian harus coba membuatnya. Memang akan sedikit susah mencari barangnya, tetapi dengan kerja keras pasti kalian bisa menemukannya.

Sebagai permulaan, masukan rempah aromatic pada minyak panas seperti bunga lily kering, jamur shiitake kering, seitan, dan wortel hingga mengeluarkan aroma yang wangi. Setelah harum, masukan bahan-bahan lain seperti bamboo shoots, jamur segar dan kembang tahu dan tuang sausnya. Masukan sayuran hijau, tutup dan kukus hingga matang. Jangan lupa untuk diaduk terlebih dahulu sehingga saus dan bahan tercampur dengan baik. Setelah dikukus, masukan mi vermicelli dan tambahkan maizena untuk mengentalkan saus. Untuk menyajikan, taruh pancinya ditengah meja dan biarkan tamu mengambil sendiri porsinya. Mereka akan ketagihan dan bertanya soal resepnya padamu nanti.

Itulah 3 resep yang bisa Meatless Kingdom bagikan untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang akan datang. Apabila makanan tersebut masih kurang, kalian dapat mengonsumsi dendeng manis asap kami yang rasanya tidak kalah enak dari dendeng manis asap yang ada di mall! Yang ini juga lebih sehat, vegan dan tidak mengandung bawang sehingga keluarga kita yang menganut Mahayana dan Maitreya bisa mengonsumsinya. Kalau kalian tidak mengonsumsi bawang, maka kalian bisa keluarkan bawangnya dan ganti dengan bahan lain yang kalian kira bakal cocok.

 

Sumber: Gastroplant
Image by: unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *